Kadis Kominfo Bone Hadiri Sosialisasi Kebijakan PAUD-HI dan Rakor Program Terintegrasi untuk Remaja Perempuan

Daerah125 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Kepala Dinas(Kadis) Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone, H. Barham, S.T.,M.M., menghadiri

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif(PAUD-HI ) dan Rakor dalam mendukung Program Terintegrasi untuk Remaja Perempuan kerjasama Pemprov Sulsel dan UNICEF di MaxOne Hotel Makassar, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan tersebut dibuka Oleh Bapak Pj. Sekda Prov. Sulsel Ir. A. Darmawan Bintang, MDevPlg. Dan dari Unicef Ibu Siti Elisa Mukti.

Kadis Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone, H. Barham menuturkan Program Penguatan Remaja melalui Integrasi Program Lintas Sektor adalah konsep yang berfokus pada pemberdayaan remaja melalui keterlibatan berbagai sektor atau instansi dalam pemerintah dan masyarakat.

” Konsep ini didasarkan pada pemahaman bahwa masalah yang dihadapi oleh remaja tidak dapat diatasi oleh satu sektor atau instansi saja. Misalnya, isu kesehatan mental remaja memerlukan pendekatan yang melibatkan sektor kesehatan, pendidikan, dan layanan sosial. Atau masalah penyalahgunaan zat mungkin memerlukan kerja sama antara sektor kesehatan, kepolisian, dan lingkungan masyarakat,” kata H Barham.

Dia melanjutkan, dengan integrasi program lintas sektor, berbagai pihak dapat bekerja sama untuk menyusun dan menerapkan strategi yang komprehensif untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh remaja.

Ini mungkin termasuk pendidikan dan pencegahan penyalahgunaan zat, promosi kesehatan mental, pemberdayaan ekonomi, pengurangan kekerasan dan perundungan, serta peningkatan akses ke layanan kesehatan dan dukungan sosial.

“Program seperti ini juga memahami bahwa remaja memiliki peran penting dalam menentukan dan melaksanakan solusi bagi masalah mereka sendiri. Oleh karena itu, partisipasi aktif remaja dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program juga menjadi elemen penting dari pendekatan ini,” tambahnya.

Hadir pula Sekretaris Bappeda Bone A Syamsiar, Sekretaris Dinas Sosial A Rahmatullah, dan utusan Kabupaten Kota se Sualwesi Selatan.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *