Rapat Paripurna Peringatan HJB ke-693, Bupati Bone Paparkan Capaian Pembangunan

Daerah160 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Rapat paripurna DPRD Kabupaten dalam rangka puncak Peringatan Hari Jadi Bone ke-693 tahun 2022 berlangsung di Ruang Rapat paripurna DPRD Bone, Jl Kompleks Stadion Lapatau, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kamis (6/4/2023).

Rapat paripurna DPRD dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bone Irwandi Burhan, S.E., M.M., dan dihadiri anggota DPRD Bone.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bone Dr H.A. Fahsar M Padjalangi, M. S.i.memaparkan sederet capaian Pemerintah Kabupaten Bone periode 2018-2023.

Beberapa diantara pencapaian tersebut, dari tahun 2018 sampai tahun 2022 melalui APBD, bantuan keuangan provinsi, dana alokasi khusus.

“Kita telah mengintervensi pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 273 kilometer dan jembatan sepanjang 512 meter,” kata Bapak Bupati Bone.

Selanjutnya pada sektor irigasi, kita telah membangun dan merehabilitasi jaringan irigasi yang telah mengaliri lahan kurang lebih 23 ribu hektare, di sektor pertanian, dalam lima tahun terakhir produksi pangan utama padi dan jagung pada angka rata-rata 1,3 juta ton setiap tahun.

“Dalam sektor peternakan kabupaten Bone konsisten menjadi lumbung ternak, terutama sapi potong, dan sampai tahun 2022 tercatat ada 436 ribu ekor populasi ternak di Bone,” kata Bupati Bone.

Sektor perikanan, sebagai salah satu daerah dengan pantai terpanjang di Sulsel, Pemerintah daerah telah memberikan bantuan kapal tangkap sebanyak 52 unit kapal.

Sementara sektor pendidikan, pemerintah daerah berkomitmen semakin meningkatkan kualitas pendidikan manusia Bone melalui perbaikan dan rehabilitasi sekolah 674 SD, 123 SMP.

“Selain itu melalui gerakan Gemar Limas, Pemerintah daerah telah melakukan pengembalian anak tidak sekolah kembali bersekolah sebanyak 11 ribu,” kata Bapak Bupati Bone.

Dalam sektor kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bone senantiasa meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan melalui peningkatkan akreditasi

“Yang paling terbaru komitmen Pemda Bone memenuhi syarat Universal Health Covarage atau UHC Kabupaten UHC yang memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat,” jelasnya.

Dari sektor pemerintahan desa, dari 195 desa tertinggal pada tahun 2018, pada tahun 2022 yang lalu telah dituntaskan menjadi 0 nol desa tertinggal, begitu juga dengan desa mandiri dari posisi 0 nol pada tahun 2018, alhamdulillah pada tahun 2022 sudah 41 desa mandiri dan terus ditingkatkan.

Dalam sektor pelayanan publik, pemerintah daerah terus berupaya melakukan akselerasi pelayanan, sebagi wujud nyata komitmen pemerintah daerah meningkatkan pelayanan publik dengan membangun Mall Pelayaan Publik yang difungsikan pada tahun 2023 ini.

Sementara itu Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan menuturkan dasar pelaksanaan peringatan Hari Jadi Bone adalah Perda Kabupaten Bone Nomor 1 Tahun 1990 Tanggal 22 Maret 1990 Seri C Nomor 1).

“Pasal 1 Hari Jadi Bone ditetapkan tanggal 6 April dan pasal 2 ditegaskan bahwa setiap tahun diadakan peringatan Hari Jadi Bone dalam bentuk pelaksanaan peringatan yang diatur dengan keputusan Bupati,” kata Ketua DPRD Bone.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Bone menjadi spirit agar Bone tetap jaya mari bersatu bergandengan tangan untuk Bone,” katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut mewakili Gubernur Sulawesi Selatan Drs. H. Muh. Saleh, M. Si yang juga Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulsel, Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM. Serta Sekda Bone Drs. H. A. Islamuddin, MH., Ketua TP PKK Bone Hj. Kurniaty A. Fahsar, S.H., Sp.N.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone, Kepala OPD Bone, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Bone.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *