Marakka “Bola” Tradisi Yang Hampir Punah

Daerah218 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Tradisi marakko bola ( mengangkat rumah) adalah kerja nyata masyarakat secara gotong royong yang mana filosopinya kebersamaan serta melestarikan saling tolong menolong.

Tradisi Marakka Bola atau memindahkan rumah hampir sudah tak terlihat lagi karena rata rata bangunan rumah bukan lagi rumah kayu.

namun warga desa Cinnong, Kecamatan Cina Kabupaten Bone Sulawesi Selatan lakukan Marakka Bola ( Mengangkat Rumah ) dengan cara di angkat secara gotong royong yang tentunya masih dilestarikan. Jumat tadi 5/05/2023

Terpantau, sebelum kegiatan gotong royong Marakka Bola (mengangkat rumah. Red) tersebut, Imam Dusun, Samsul mengumumkan di masjid terkait adanya rumah salah satu warga yang akan diangkat.

Lalu kemudian warga berbondong-bondong ke lokasi untuk Marakka Bola. Terlihat di setiap tiang-tiang rumah telah dipasangi bambu yang telah diikatkan ke tiang rumah agar memudahkan warga untuk mengangkat rumah tersebut.

Salah satu warga memberikan komando lalu rumahpun diangkat secara bersama-sama.

“Tak ada yang berat bila dikerjakan bersama-sama. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun,” ungkap Sakkir salah satu warga yang ikut mengangkat rumah tersebut.

Warga yang dilibatkan untuk mengangkat rumah ini jumlahnya bisa puluhan bahkan mencapai ratusan, tergantung dari besar rumah yang akan dipindahkan atau diangkat.

Para perempuan terdiri dari ibu-ibu dan remaja memepersiapkan komsumsi bagi warga yang Marakka Bola.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *