PAUD Garda Terdepan Membentuk Karakter Baik Anak Usia Pra Sekolah.

Daerah178 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Asisten 1 Setda Kabupaten Bone, Anwar menuturkan Pendidikan Anak Usia Dini memang sesuatu yang menjadi sangat penting untuk dijadikan fokus dalam upaya peningkatan indeks pendidikan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan

“Dan memang banyak program Unicef terkait ba itu dan direspon baik oleh masyarakat Kabupaten Bone, utamanya pengembangan anak usia dini holistik integratir,” ucapnya, pada Diskusi Publik Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratir (PAUD HI), Jum’at (10/2/2023).

Labih lanjut, ia mengatakan memang pendidikan saat ini harus dimulai di usia dini karena itu pasti akan sangat berperan dalam membentuk karakter serta tabiat yang baik terhadap Anak usia Pra Sekolah .

“Jadi kita banyak dibantu Unicef untuk melahirkan pendidikan yang visioner. Dan memang persiapan pendidikan harus disiapkan sejak dini,” katanya kepada Enewsindonesia.

Apalagi saat ini capain kinerja Indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bone berada pada angka 66,40 persen. Namun angka tersebut masih berada pada tingkat sedang dan kondisi belum optimal.

“Kita harapkan memang kegiatan merumuskan langkah strategis untuk merumuskan trobosan dan langkah untuk peningkatan Indeks pendidikan di kabupaten Bone,” terangnya.

Kata dia, apa yang dilakukan Unicef ini merupakan support sistem terhadap pendidikan di Kabupaten Bone. Karena memang untuk mempersiapkan generasi harus menimbulkan pola didik yang sehat dan itu dipersiapkan dari usia dini.

“Dimana saat ini guru bukan lagi mendidik tetapi hanya agar bagaimana guru bisa mendidik. Jadi pendidikan usia dini harus ditanamkan bagaimana perbedaan mendidik dan mengajar. Jadi mari kembalilan muruah seorang guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa,” bebernya.

Direktur Lembaga Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Bone, Ratnawati menuturkan pihaknya senantiasa mengawal agar bagaimana kebijakan yang lahir harus berpihak kepada perempuan dan anak utamanya kepada perempuan dan anak rentan di Kabupaten Bone.

“Termasuk kita melakukan penaganan anak usia dini untuk memastikan perkembangan anak yang baik sejak dini,” terangnya.

Atas dasar itu pihaknya telah menggencarkan beberapa program yang telah diterapkan di beberapa sekolah. Hal itulah yang terus konsisten untuk diterapkan.

“Kita sudah gencarkan program literasi numerasi di 15 SD dan pengembangan PAUD HI di 30 TK/PAUD,” katanya.

Maka dari itu untuk mewujudkan itu pihaknya telah melakukan pelatihan kepada guru PAUD dan kepala sekolah untuk dibekali agar bagaimana pengembangan itu bisa diterapkan. Termasuk peningkatan kapasitas guru juga senantiasa dilakukan.

“Kita mempersiapkan anak sejak dini agar bagaimana bisa hidup sejahtera di masa depan, jadi ini ada kaitannya dengan penanganan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bone dan ini bisa terwujud tanpa kolaborasi dri segala pihak utamanya topangan dari pemerintah,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *