Sengketa Proses Pemilu, Bawaslu Bone Rapat Kordinasi Strategi Pencegahan

Daerah154 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Untuk menghadapi potensi terjadinya sengketa proses pemilu pada Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten. Bawaslu Kabupaten Bone melaksanakan Rapat Koordinasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024, di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bone.

Giat ini membahas strategi Bawaslu dalam melakukan pencegahan pada tahapan pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten nantinya.

banner 1280x709

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Adnan Jamal, SH.,MH dalam kesempatan itu menyampaikan kepada pimpinan Bawaslu Kabupaten Bone untuk segera melakukan Pleno dan membuat Surat Tugas Tim Fasilitasi Pengawasan hari ini juga.

Untuk mengantisipasi pelanggaran-pelanngaran administrasi dan sengketa yang mungkin terjadi pada Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten nantinya, “Tim fasilitasi pengawasan yang bertugas harus standby di KPU untuk melakukan pengawasan melekat agar proses pendaftaran berjalan dengan baik.” ungkapnya pada Sabtu, 29 April 2023.

Lanjutnya, dalam melakukan pengawasan kita harus aktif mengamati, bertanya dan mengingatkan jika dalam proses pendaftaran terjadi kesalah pahaman dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementarai itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Pasrtisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Bone, Alwi menyampaikan bahwa untuk mengatisipasi terjadinya pelanggaran pada tahapan yang berjalan kami sudah mengirimkan surat imbauan kepada peserta pemilu tahun 2024.

Pada kesempatan yang sama ketua Bawaslu Kabupaten Bone, Dr. Hj. Jumria, S.Pd.I.,M.Pd. mengatakan bahwan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan mengingat tahapan pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten saat ini sudah dimulai.

“maka dari itu kita harus bekerja ekstra dan kerja sama dalam melakukan pengawasan dan pencegahan selama proses tahapan nantinya.” jelasnya.

untuk diketahui bersama giat ini dihadiri oleh Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Adnan Jamal, SH.,MH, Ketua dan Anggota bersama dengan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bone.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *