Berdayakan Kontraktor Lokal Yang Berkualitas, Wujudkan Kearifan Lokal

Daerah249 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE  Pembangunan daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya mengelola sumber-sumber daya yang ada serta membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sektor swasta untuk  perkembangan kegiatan ekonomi dalam wilayah .

Bupati Bone, Andi Fahsar mengatakan jika proyek Pembangunan di Bone tentunya  dikerjakan oleh kontraktor lokal itu juga sebagai upaya memberdayakan para kontraktor tentunya yang berkualitas dan hasil pekerjaan tidak merugikan untuk mewujudkan kearifan lokal. Tegasnya

“Tetapi  tentunya tetap ada mekanisme, lelang terbuka jadi siapa saja bisa masuk, baru ada sistem harus yang terendah dimenangkan. Kalau ada bukan terendah dimenangkan dikembalikan,” tuturnya.

Akan tetapi ia melihat sejauh ini ketika ada kontraktor yang melakukan banting harga penawaran terlalu tinggi besar potensi pengerjaan mereka bisa mangkrak.

“Banyak begitu terjadi di Bone. Bukan cari makan tetapi cari mati kalau begitu caranya.

Seperti di Ruas Tokasseng-Taccipi itu mangkarak itu pekerjanya,” terangnya.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengatakan memang sangat perlu dipikirkan bagaimana memprioritaskan kontraktor lokal untuk pengerjaan setiap proyek yang ada di Kabupaten Bone untuk tahun ini.

“Jadi kita memang maunya yang kerja kalau ada proyek di Bone itu orang Bone mo juga, karena sudah banyak kontraktor juga di Bone,” katanya.

Selain itu, ia juga melihat bahwa sistem tender yang memenangkan penawaran terendah itu perlu ditinjau dan di pelajari ulang untuk penerapannya.

“Pemenang terendah dan tidak wajar itu tidak bisa jadi pemenang. Karena risikonya pasti mangkrak pekerjaannya,” ucapnya.

Maka dari itu kata dia terkait hal ini harus dikaji apakah ini wajar ataupun tidak untuk dimenangkan dan bisa menjamin untuk menyelesaikan pengerjaannya.

“Tidak masuk akal kalau ada kontraktor yang melakukan banting harga sampai 20 persen, bagi saya itu tidak masuk akal,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *