Bubung KarajaE di Gotong Royong, Ihwal Tersebut Icon Warga Majang.

Peristiwa112 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Warga Kelurahan Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone melakukan gotong royong memperbaiki bubung karajaE yang merupakan destinasi Wisata Sejarah dan Wisata Religius Sabtu 10/05/2023

Diketahui bahwa Pada tahun 1775 La  temmassonge toappawali mangkau ke 22 mempunyai anak bernama We Tenri pakkemme arung majang suaminya bernama la muanneng arung pacciro membuat bubung (sumur) dan mendirikan rumah disekitar bubung karaja E.

Menurut salah satu tokoh agama ustadz Awal bahwa bubung karajaE merupakan icon warga majang yang selama beberapa tahun terakhir ini tidak terlalu berpungsi disebabkan sudah ada beberapa bangunannya rusak.

Maka dari itu masyarakat majang melakukan kerja bakti atau gotong royong di bubung karajaE dalam rangka membersihkan dan menjaga kelestariannya.

“Warga bersepakat untuk bergotong royong secara swadaya agar kedepannya bubung (sumur ) karajaE bisa dijadikan sebagai tempat destinasi wisata sejarah dan wisata religius”,

yakni kembali melaksanakan “cemme sapareng” (Mandi Safar)  yakni mandi dihari rabu terakhir dibulan safar sebagai bentuk mandi tolak bala yang mana sudah 8 tahun tidak dilaksanakan”, jelas awal kepada wartawan lepasnews.com.

kami pun juga berharap agar  Pemerintah Daerah bisa memperhatikan pembangunan bubung KarajaE yang harapan kedepan menjadi salah satu tempat dikunjungi warga Bone dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *