Dana Desa, Pekerjaan Proyek Jalan Tani Ditengarai Bermasalah

Daerah242 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Anggaran Dana Desa melalui Anggaran Belanja Desa (APBdes) untuk pekerjaan jalan Tani Tahun 2022 di Desa Carawali Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone disinyalir Bermasalah.

Melalui RKPdes tahun 2022 yang ditetapkan di dokumen APBdes salah satu item pembangunan dengan jumlah  anggaran “Seratus Lima Belas juta Delapan Ratus Delapan Puluh Dua Ribu Rupiah ” ( 115.882.000 ).

banner 1280x709

Proyek pekerjaan dana desa untuk Pembangunan item fisik tersebut menelan anggaran sebesar Rp 115.832.000 diduga tidak sesuai yang diharapkan oleh masyarakat dalam hal ini tidak tersalurkan sesuai petunjuk tehnis.

Nampak Foto jalan Tani APBdes 2022 Desa Corowali Kec.Barebbo.

Dalam pantauan Lepasnews.com terlihat proyek pengerasan jalan tani yang panjangnya 530 meter tersebut tidak dipasangi talud dan hanya penimbunan biasa. Hal itu patut dipertanyakan melihat anggarannya yang lumayan besar.

Beberapa warga setempat yang dimintai keterangan berharap pihak Aparat Penegak Hukum mengatensi proyek ini. Mereka mengungkapkan bahwa pihak pemerintah kecamatan juga pernah turun langsung melihat proyek yang diduga bermasalah tersebut.

Kepala Dusun Corawali, Asriadi yang dikonfirmasi di lokasi tersebut mengungkapkan bahwa saat pengerjaan proyek tersebut, dirinya sebagai pemerintah setempat tidak dilibatkan.

“Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) itu Ilyas sendiri yang kerja,” sebutnya, Sabtu (4/3/2023).

Kadus mengatakan bahwa jalan tersebut digunakan oleh petani setempat.

“Ada juga satu rumah di dalam. Mereka menggunakan jalan ini,” lanjutnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Corawali, Muksin mengatakan bahwa proyek tersebut dikerjakan saat dirinya belum menjabat.

“Iye ndi, itu proyek pejabat desa sebelum saya,” singkat Kades Corawali melalui sambungan telpon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *