Gelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata, Andi Muawiyah Ramli: Masyarakat Harus Ikut Andil di Dalamnya!

Nasional117 Dilihat

LEPASNEWS.COM.BONE- Dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Sadar Wisata.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di bilangan Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone, Sabtu (18/3/2023).

Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi.

Kegiatan wisata adalah bentuk tanggung terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area), memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat.

Hotel Novena Bimtek Gerakan Sadar Wisata Andi Muawiyah Ramli Komisi X DPR RI Kaloborasi Kemenparekraf (18/03/2023)

Kegaitan ini dihadiri anggota DPR RI Komisi X Drs. Andi Muawiyah Ramly, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Kemenparekraf Dr. Hidayat dan Undhan Sevisari, Kadis Pariwisata Kabupaten Bone Andi Promal Pawi, narasumber profesional

Pariwisata harus dikelola sedimikian rupa, masyarakat harus ikut andil di dalamnya.

“Tentunya SDMnya harus ditingkatkan. Salah satunya yakni dengan memberikan bimbingan teknis,” imbuhnya.

Amure, berharap Bimtek ini bisa difollow up. Pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi juga butuh peran serta masyarakat khususnya para duta wisata.

Namun ada pemandangan menarik menjelang akhir sambutan Puang Amure, dirinya sempat memperlihatkan ekspresi kekecewaannya dengan ketidak hadiran Kadis Pariwisata atau yang mewakili Pemerintah Kabupaten Bone.

“Kami sudah perjuangkan agar-agar program Pariwisata bisa masuk di Kabupaten Bone ini. Tidak mudah mendapatkan program ini, tapi tidak ada satupun yang hadir dari Pemkab meskipun yang mewakili juga tidak ada,” ucapnya kesal.

Ia berharap, Pemkab bisa memberikan perhatian terhadap program-program yang diperjuangkan di pusat untuk bisa memajukan Kabupaten Bone agar disambut baik.

Andi Muawiyah Ramli pun membuka acara tersebut dengan resmi lalu kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek yang disi oleh Rusmin Nuryadin selaku narasumner profesional.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *