Hampir Setahun Proses Pembangunan, Bupati Bone Resmikan Masjid Tafaddal Berbentuk Ka’bah.

Berita412 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE-Masjid Tafaddal Bone, Masjid ikonik yang menyerupai Ka’bah diresmikan Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, M.Si., didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M., di Jl. Beringin, Kota Watampone, Jumat (22/9/2023).

Hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bone Hj. Kurniaty Fahsar, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bone Hj. Erniati Ambo Dalle.

Hadir Forkopimda Kabupaten Bone, Kepala OPD Bone, Camat dan masyarakat di Kota Watampone.

Masjid Tafaddal diambil dari nama tagline Tabe Andi Fahsar- Ambo Dalle disingkat Tafaddal, pasangan Bupati Bone Wakil Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, M. Si., Drs. H. Ambo Dalle, M.M.

Masjid ini dibangun oleh Bapak Bupati – Wakil Bupati Bone dua periode 2013-2018, 2018-2023 sebagai masjid monumental peninggalan Tafaddal.

Bupati Bone menuturkan pembangunan Masjid Tafaddal ini merupakan bangunan Masjid monumental sebagai kenangan bahwa di Bone ini pernah ada pemimpin yang bertagline Tafaddal.

Di mana pasangan A Fahsar – Ambo Dalle sangat mencintai dan memperhatikan nilai-nilai keagamaan.

” Karena kami bangun masjid ini dengan saudara seperjuangan dengan niat ingin berteman di dunia dan bersahabat di akhirat kelak,” kata Bupati Bone.

Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi menuturkan Masjid Taffaddal dibangun tidak susah. Pasalnya, banyaknya donatur yang ingin berkontribusi dalam pembangunannya.

“Para donatur Amir Bandu, Ilham Zainong, baru kami rencanakan, saya ketemu dengan mereka, bapak Ilham Zainong beliau langsung mengatakan semua tegelnya saya, dan bapak Amir Bandu juga menyampaikan semua timbunannya saya,”tuturnya.

Tak hanya itu, kata dia, Bank Sulselbar juga memberikan dana

CSR ratusan juta, serta kerabat dekatnya juga menitipkan hartanya untuk membantu pembangunan Masjid Tafaddal.

“Hibah dari almarhum kakak saya, Hj A Mulyana, dia memiliki deposito, Rp600 juta, 500 juta semua masuk ke pembangunan masjid ini, kemudian almarhum kakak saya A Nursanti yang baru baru meninggal, keluarganya titipkan 100 juta kepada saya untuk membantu pembangunan,” kata A Fahsar dengan nada bergetar.

Sementara itu Ketua Panitia A Sumardi Sulaiman menuturkan masjid ini dibangun selama 10 bulan enam hari. Dimulai peletakan batu pertama Jumat 28 Oktober 22, diresmikan 22 September 2023.

“Pasangan Bupati Wakil Bupati Bone dua periode dengan tagline Tafaddal ingin mempersembahkan dan memotivasi masyarakat untuk rajin berjemaah di Masjid,” kata A Sumardi.

Sebagai panitia pembangunan Masjid, A Sumardi mengucapkan terima semua pihak donatur yang berpartisipasi sehingga Masjid menelan anggaran 2,4 miliar berdiri kokoh di tengah kota Watampone.

“Terima kasih kepada Bupati Bone dan sekeluarga sebagai pendiri dan pembina Masjid Tafaddal, Wakil Bupati Bone bersama keluarga, Sekda Bone, dan teman Kepala OPD, pimpinan Bank, Amir Bandu, Ilham Sainong, dan lainnya, semoga Allah SWT membalas rejeki yang melimpah atas semua partisipasinya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah/2023 Masehi.

Hikmah maulid dibawakan oleh Dr. KH. Amirullah Amri, M. Ag.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *