Jajaran TNI Kodim 1407 Bone /Rem 141 Serentak Tanam Bibit Magrove

Nasional83 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE –Komando Distrik Militer (Kodim) 1407/Bone Rem 141/Tp bersama Forkopimda beserta elemen terkait mengikuti penanaman 2.000 bibit mangrove dengan luas lahan 2 Ha yang berlokasi di Desa Pattiro Sompe, Kec. Sibulue, Kab. Bone. Senin (15/05/23).

Acara penanaman tersebut di laksanakan secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia yang di pimpin langsung oleh Presiden RI Dr. H. Joko Widodo, dengan menyusun tema ” Mangrove For Better Life “.

Kegiatan tersebut juga di hadiri Anggota Brimob Bone, Polsek Sibulue, BPBD Kab. Bone, Bazarnas Kab. Bone, Satpol PP Kab. Bone, Komcad, Mahasiswa Fakultas Perikanan, Pramuka MTS Sibulue, Siswa SMK Baruna Jaya, serta masyarakat setempat.

Sesampainya di lokasi, seluruh hadirin melaksanakan apel pengecekan dilanjutkan dengan penanaman 2.000 bibit mangrove di tempat yang sudah di sediakan, usai kegiatan penanaman dilanjutkan dengan video conference (Vicon) langsung bersama Presiden RI terkait penanaman mangrove serentak seluruh Indonesia tersebut.

Penanaman bibit mangrove seluas kurang lebih 2 hektar di laksanakan dengan metode penanaman dan di ikatkan pada bambu tegak agar mangrove dapat tetap berdiri tegak hingga tumbuh menjadi pohon mangrove yang sudah memiliki akar dalam.

Pada kesempatannya, Dandim 1407/Bone Letkol Inf. Moch. Rizqi Hidayat Djohar menuturkan bahwa dalam mendukung penanaman mangrove secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia, Kodim 1407/Bone bersama Instansi terkait melaksanakan kegiatan penanaman 2.000 bibit mangrove di Desa Pattiro Sompe.

Menurut Dandim, penanaman pohon Mangrove hari ini semoga dapat berjalan dengan lancar optimal, ini sebagian bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, menanam pohon Mangrove memiliki banyak manfaat, yaitu untuk mempertahankan garis pantai, mempertahankan ekosistem dan menjaga kawasan dari pengikisan tanah dari air laut (Abrasi).

Selain itu, diadakannya penanaman pohon Mangrove secara tidak langsung bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan cara merawat Mangrove, ujarnya.

Tambahnya bahwa, kegiatan penghijauan ini juga bertujuan sebagai tindakan preventif dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya perairan laut terhadap setiap aktifitas yang mengancam kerusakan lingkungan dan sumber daya laut, pesisir dan pantai, dan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat untuk memelihara dan mencintai alam, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *