Jalur Praktek Pengambilan SIM Berubah, Satlantas Polres Bone Uji Coba Lapangan Praktek SIM C Baru

Pendidikan61 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Satuan Polisi Lalu (Satlantas) Polres Bone, Polda Sulsel uji coba lapangan praktek wajib untuk pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) C, sesuai Keputusan Kakorlantas nomor: Kep/105/VIII/2023.

Kegiatan uji coba lapangan praktek SIM C terbaru itu langsung diuji coba oleh Kapolres Bone AKBP Arief Doddy Suryawan bersama Kasat Lantas Polres Bone AKP Desy Ayu Dwi Putri, S.I.K, M.H dan personel Satpas 1938 Satlantas Polres Bone, Rabu 09 Agustus 2023 pagi, diLapangan Uji Praktek Gedung Pelayanan Terpadu Polres Bone.

banner 1280x709

Kapolres Bone, AKBP Arief Doddy Suryawan, S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Bone, AKP Desy Ayu Dwi Putri, S.I.K, M.H menjelaskan Lapangan uji praktek SIM C di Polres Bone resmi dirubah agar memudahkan masyarakat untuk mencari SIM.

Lebih lanjut lintasan yang sebelumnya berbentuk angka 8 berganti menjadi huruf S. Saat ini lintasan huruf 8 tersebut telah berubah menjadi huruf S dengan cat biru dan kuning. Usai resmi diganti, para pencari SIM mulai melakukan uji praktek.

AKP Desy lebih jauh menjelaskan perubahan lapangan uji praktek SIM ini kebijakan dari Kakorlantas Polri melalui KEP/105/VIII/2023 dan berlaku mulai 7 Agustus 2023. Yang berubah menurutnya tidak ada lintasan berbentuk angka 8 dan zig-zag. Lintasan itu berganti dengan huruf S yang menjadikan lebih simpel.

Meski berubah, ujian praktek SIM C tetap mengakomodasi materi ujian baik keseimbangan, U Turn, lintasan S dan reaksi rem. Dan ke-empat poin ujian praktik juga akan disatukan menjadi satu kesatuan,” katanya.

Selain itu, lintasan ujian SIM yang baru untuk praktek SIM C juga diperlebar. Dari semula 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. “Model uji praktek yang baru ini akan memudahkan masyarakat, namun tidak mengurangi tolak ukur dalam melihat kompetensi berkendara.

Sementara itu, Salah seorang warga yang mencari SIM, mengaku sudah 10 kali uji praktek gagal. Dan sekarang dengan lintasan yang baru kini dirinya lulus.

Berbeda dari sebelumnya yang menurutnya lebih sulit terutama di lintasan berbentuk angka 8.

Mudah-mudahan, dengan lapangan terbaru ini, bisa memudahkan masyarakat ketika ujian praktek SIM C, mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Polri serta menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas,” ucap Kasat Lantas Polres Bone.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *