Jurus Menghilang Penyelenggara Konser Musik Mahalini-Fiersa Besari saat Ditagih Pajak

Daerah204 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE –Konser musikMahalini – Fiersa Besari yang berlangsung di area parkir Planet Cinema Bone, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/6/2023) malam. Pihak penyelenggara dalan konser tersebut yakni, Ironside Project x DIRZ di ketahui belum membayar pajak.

Penonton VIP pada konser Mahalini–Fiersa Besari di Bone yang ditempatkan di bagian belakang yang tersiar bahwa para penonton VIP Kecewa saat Konser Musik berlangsung, dan Selain daripada itu ternyata pihak penyelenggara konser tersebut belum melaksanakan kewajibannya membayar pajak ke daerah tempat diselenggarakannya konser tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bone, saat ditemui awak media di ruangan kerjanya, Muhammad Akbar menyampaikan bahwa pihaknya telah berusaha menghubungi pihak penyelenggara terkait kewajibannya membayar pajak.

“Sampai saat ini belum ada pembayaran. Pihak kami sudah beberapa kali telpon ke panitia tapi tidak ada respon,” ungkapnya, Senin (5/6/2023).

Akbar menambahkan, kewajiban pajak dalam kegiatan konser musik tersebut yakni 10 persen.

“Tergantung jumlah pemasukannya. Intinya 10 persen potongannya (pajak. Red),” ujarnya.

Sekedar informasi, konser musik termasuk dalam jenis jasa kesenian dan hiburan yang dikenakan pajak hiburan oleh Pemerintah Daerah. Pada UU No. 1 Tahun 2022 (UU HKPD), pajak hiburan tersebut diintegrasikan ke dalam Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT).

Pajak hiburan yang termasuk dalam PBJT yakni pajak yang ditanggung oleh konsumen akhir atas konsumsi jasa yang dijual dan/atau diserahkan kepada konsumen akhir.

Secara umum, tarif PBJT untuk jasa hiburan pergelaran musik yang diatur dalam UU HKPD paling tinggi sebesar 10%. Namun, tarif PBJT tersebut ditetapkan lebih lanjut melalui Peraturan Daerah sesuai tempat penyelenggaraannya konser musik tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *