Menengok Kesiapan Pelabuhan Bajoe, Disiagakan Tujuh Kapal Untuk Mudik Lebaran

Daerah216 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE – Pelabuhan Penyebrangan Bajoe – Kolaka siap menyambut pemudik di masa angkutan lebaran 2023 kantong parkir yang disiapkan luas untuk para pemudik roda empat dan roda dua serta pejalan kaki.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Satuan Pelabuhan Penyeberangan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Jelang mudik lebaran menyiapkan 7 kapal selama musim mudik. Kapal fery disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

“Biasanya h-7 sampai dengan h+7 Idul Fitri terjadi lonjakan penumpang. Kapal yang beroperasi ada 7 nantinya,” kata Korsatpel Pelabuhan Penyeberangan Bajoe Muhammad Danial, Rabu (12/4/2023).

Danial menjelaskan lebih lanjut , meski belum ada edaran dari kantor pusat, namun pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan pemudik. Termasuk mengecek kondisi kapal yang akan melayani pemudik.

“Ada 3 kapal dari Pelabuhan Kolaka, dan ada 3 kapal juga dari pelabuhan Bajoe. Selain itu ada 1 kapal yang stand by di Pelabuhan Bajoe,” ucapnya.

Danial menambahkan, pihaknya sangat siap dalam rangka melaksanakan dan mengantisipasi arus mudik lebaran. Termasuk menyiapkan opsi jika terjadi lonjakan,

“Lonjakan drastis adalah arus balik dari Bajoe ke Kolaka. Jadi kita akan susun beberapa opsi jika terjadi lonjakan. Dalam waktu dekat kita akan rapatkan dengan para stakeholder terkait, sebab ini tahun adalah mudik yang diprediksikan sangat besar jumlahnya sesuai arahan Pak Menhub,” paparnya.

Danial menuturkan untuk saat ini jumlah penumpang masih normal dan cenderung menurun. Khususnya dari Bajoe ke kolaka .

“Tetapi sebaliknya, dari Kolaka ke Bajoe untuk penumpang pejalan kaki itu relatif normal. Kebanyakan kendaraan yang menyeberang saja saat ini,” tutupnya

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *