Tradisi Seni Budaya Mencak Sangge Akan di Agendakan Setiap Tahun

Daerah281 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE Pergelaran Seni Budaya digelar oleh Komunitas Mencak Sangge yang dilaksanakan di Lingkungan Dare’e Kelurahan Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Sabtu 4 Februari 2023  Kegiatan Tersebut adalah Pesta rakyat ‘Tempo Doloe’ kembali diisi dengan tradisi ‘mencak sangge’, silat khas dari tanah Bugis.

Gelaran Seni Budaya Menca Sangge Sekaligus memperingati hari Lahir yang ke VI Komunitas Mencak Sangge Warga Lingkungan Dare’e Cellu.

Kepala Dinas Pariwisata Andi Promal Pawi menghadiri sekaligus membuka acara pada penggelaran tersebut dalam sambutannya mengatakan  sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini

“Saya kira ini patut diapresiasi. Selain itu kegiatan ini akan dijadikan warisan budaya tak benda Indonesia yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Bone,” ujarnya.

Andi Promal pun mengatakan bahwa Mencak Sangge ini adalah produk seni bela diri budaya bugis bone yang digagas oleh para pemuda dan tokoh agama dan telah disepakati bersama.

“Insya Allah acara ini kami akan masukkan diagenda tahunan. Agar masyarakat Bone semakin antusias menggelar acara acara seni budaya yang harus dijaga dan dilestarikan seperti songkok recca dan tari bissu,” kata Andi Promal Pawi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *