Bahas Hari Santri Hingga HAB 78, Kakanwil Kemenag Sulsel Kumpul Pejabatnya di Kota Palopo

Daerah, Pendidikan79 Dilihat

LEPASNEWS.COM PALOPO – Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Sulsel Khaeroni mengumpulkan Pejabatnya mulai dari Kabag TU, Kepala Bidang, Pembimas dan Seluruh Kepala Kantor Kemenag kab./Kota se-Sulsel di Hotel BM Residence yang berlokasi di jantung Kota Palopo. (Kamis, 14 September 2023)

Kehadiran mereka di Kota Polopo ini untuk mengikuti Rapat Koordinasi Pimpinan guna membahas sejumlah hal penting seputar kebijakan dan program Kementerian Agama, khususnya di Sulsel.

banner 1280x709

Rakor yang dipandu Kabag TU Kanwil, Ali Yafid yang didampingi seluruh Pejabat Eselon III di Lingkup Kanwil ini dimulai dengan membahas progress Serapan Anggaran Tiap Satker di Jajaran Kemenag Sulsel mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah.

“Secara Umum, sampai saat ini Serapan Anggaran Kemenag Sulsel masih berjalan dengan sangat baik, dan masih menempati posisi pertama Nasional, akan tetapi kita semua harus tetap bergerak dalam menggenjor Realisasinya, khususnya yang masih berada pada posisi terendah di jajaran Kemenag Sulsel, “ Pinta Khaeroni.

Hal berikut adalah, kita semua harus mematangkan Persiapan menyambut Bergabungnya kembali ratusan ASN PPPK baru di Kemenag Sulsel hasil optimalisasi termasuk persiapan Penerimaan CPNS 2023 untuk Kemenag yang saat ini sementara dalam proses pembahasan di tingkat pusat, dengan iringan doa dan harapan semoga kuota PPPK Sulsel dan CPNS Kemenag Sulsel ke depan masih bisa bertambah, Tambah Kakanwil.

Selanjutnya, Khaeroni juga minta seluruh pejabatnya agar memastikan percepatan realisasi dan pengaplikasian 7 program prioritas Kemenag di wilayah kerjanya masing masing, Realisasi dan penyelesaian Proyek SBSN baik KUA maupun PLHUT di sejumlah lokasi agar diselesaikan sesuai waktunya, Serta Submit Zona Integritas di seluruh satker agar disegerakan.

Khusus Bidang Pendis, Kakanwik sangat berharap agar fokus dalam pendewasaan karakter dan sikap tenaga pendidik dan anak didik, sehingga marwah Madrasah dan pondok pesantren kita tetap terjaga dengan baik.

Khaeroni secara spesifik meminta kepada seluruh pimpinan di jajarannya agar menjaga dan menjalin sinergi dan hubungan baik dengan Pemerintah Daerah serta seluruh stake holder, dalam rangka menjaga stabilitas social kemasyarakatan serta meningkatkan atmosfer Kehidupan umat Beragama dan antar umat beragama, terlebih di Tahun politik, yang kadang emosi keagamaan umat dimanfaatkan atau dijadikan alat untuk memecah sesama anak bangsa

Lebih lanjut, Kakanwil membeberkan sejumlah rencana Kegiatan besar yang akan digelar oleh Kementerian Agama Sulsel, diantaranya Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda Kemenag tingkat Prov. Sulsel yang jatuh pada tanggal 22 – 28 Oktober 2023

Dia menjelaskan, Untuk rangkaian Hari santri Nasional dan Sumpah Pemuda, Kemenag Sulsel akan melaksanakan sejumlah agenda acara diantaranya, Upacara Hari Santri di tanggal 22, Pameran Pondok Pesantren Tanggal 23 – 25 Oktober di Gedung IMMIM Makassar, dilanjut tanggal 26 – 27 Kemah Moderasi Beragama di Malino, dan ditutup dengan Pawai lampion Lintas Agama pada tanggal 28 Oktober 2023 di Makassar.

Terkait Perayaan menyambut Momentum Hari Amal Bhakti Kemenag ke 78 tahun 2024, dimana khusus di tingkat Prov. Sulsel akan diramaikan dengan gelaran sejumlah kegiatan diantaranya Gerak jalan Kerukunan dan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antar internal Kementerian Agama di Sulsel.

Untuk Porseni, Panitia HAB ke 78 Kemenag Sulsel yang diketuai oleh Kabid Urais dan Pembinaan Syariah H. Wahyuddin Hakim akan diramaikan dengan sejumlah lomba dari berbagai cabang diantaranya Bulu Tangkis (Putera Puteri), Tenis Meja (Putera Puteri), Tenis Lapangan (Putera), Sepak Takraw (Putera), Bola Volly (ASN Putera Puteri dan Siswa MA Putra), Lomba Asmaul Husna (Dharma wanita Persatuan Kemenag), Lomba Eksebisi Lari Karung Antar Pejabat jajaran Kemenag Sulsel, Lomba Nyanyi Solo (ASN Putera Puteri), Seni Hadrah Siswa Madrasah/Santri Ponpes serta Kegiatan Lintas Sektoral lainnya.

“Acara HAB 78 di Sulsel harus diramaikan dan diikuti dengan penuh semangat kekeluargaan dan silaturahmi, serta tetap menjaga marwah Kemenag dan dilangsungkan sesuai aturan yang berlaku. Porseni HAB sendiri untuk tingkat Prov. Sulsel Insya Allah akan dipusatkan di Kota Palopo pada awal Bulan Desember 2023, tepatnya mulai tanggal 2 – 5 Desember 2023,” Tambah Wahyuddin Hakim

“Untuk kejelasan informasi tekhnisnya, akan kami sampaikan bilamana juknis setiap kegiatan dan lomba sudah disusun oleh panitia pelaksana,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *