ASSITOBONENGENG Akan Bergotong Royong Mengajak Warga Bone Untuk Membangung Cagar Budaya Bola Soba 

Daerah207 Dilihat

LEPASNEWS.COM BONE– Sekelompok masyarakat yang menamakan Assitobonengeng (Aksi Solidaritas To Bone) berkumpul serta duduk bersama disebuah warkop di kota Watampone berpikir dan berencana untuk membangung cagar budaya Bola Soba secara swadaya dan gotong royong.

Bola Soba sejak kurang lebih dua tahun lalu ditimpah musibah kebakaran sehingga kebakaran tersebut mengundang duka dan kesedihan mendalam  bagi warga Bone.

Akibat kebakaran tersebut pemerintah kabupaten Bone menganggarkan untuk pembangunan Bola Soba dengan menggunakan anggaran APBD hingga perencanaan ini menggunakan dana puluhan milyar rupiah.

Bola Soba Sebelum Musibah Kebakaran Melanda Terlihat dari Samping Jalan Jendral Sukawati,Jika terlihat fisti depan Jalan Latenri Tatta Kota Watampone

Hingga saat ini Bola Soba masih dalam proses pembangunan namun ada beberapa kendala seperti kayu Ulin yang dikabarkan tenggelam diperairan palu Sulawesi Tengah menuju kabupaten Bone tentunya dengan ihwal tersebut mengundang pertanyaan kapan pembangunan  bola Soba ini rampung.

Salah satu tokoh pemuda sekaligus pemerhati budaya Andi Singkeru Rukka mengatakan kami berinisiasi bersama teman teman akan bergerak melakukan gotong royong dengan menamakan Assitobonengeng (Aksi Solidaritas To Bone) untuk membangung cagar budaya Bola Soba ditempat semula.

Malam ini kami bersama teman mencoba duduk bersama menyatukan ide dan gagasan untuk menumbuhkan konsep serta kerja gotong royong untuk membangung cagar budaya bola Soba ditempat semula yakni jalan jendral sukawati terlihat dari samping dan jalan latebri Tatta jika terlihat dari depan.

“Kami akan segera bertemu dengan Pemerintah dan tokoh masyarakat meminta (mappatabe) untuk bergerak bersama secara swadaya dan gotong royong membangung cagar budaya Bola Soba”, Ucapnya

Lebih lanjut Andi Singke menjelaskan insya Allah momentum Hari Sumpah pemuda 28 Oktober 2023 akan duduk bersama pemerintah, tokoh budaya para pemuda pemudi Bone akan memulai gerakan swadaya dan gotong royong pembangunan Bola Soba dengan menamakan Assitobonengeng (Aksi Solidaritas To Bone)

‘Semoga Niat suci ini Allah SWT meridhohi rencana kami dan pemangku jabatan digerakkan hatinya mendukung sepenuhnya gerakan Swadaya dan gotong membangung Cagar Budaya Bola Soba”.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *